KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH

Kurikulum  madrasah  mengemban  dua  amanat  besar,  yaitu;  1)  membekali

peserta  didik  kompetensi  dan  keterampilan  hidup  agar  bisa  menghadapi

tantangan di zamannya, dan 2) mewariskan karakter budaya dan nilai-nilai luhur

kepada generasi penerus bangsa agar peran generasi kelak tidak terlepas dari akar 

budaya, nilai agama dan nilai luhur bangsa. Untuk menjalankan dua amanat besar 

tersebut,  maka  kurikulum  harus  selalu  dinamis  berkemban untuk  menjawab

tuntutan zaman.


Perubahan  akan  terus  terjadi.  Hal  yang  abadi  di  dunia  ini  adalah  perubahan 

itu  sendiri.  Perubahan  ini  setidaknya  terjadi  pada  tuntutan  dunia  global.  Dunia 

modern  dan  ekonomi  global  tidak  lagi  memberikan  penghargaan  besar  terhadap 

seseorang  dari  apa  yang  diketahui,  karena  teknologi  telah  menyediakan

pengetahuan   yang   dibutuhkan.   Namun   dunia   modern   lebih   menghargai

seseorang karena apa yang dapat dilakukan dengan pengetahuan itu. 


Dengan  demikian,  kurikulum  madrasah  tidak  boleh  hanya  fokus  kepada 

pengetahuan  apa  yang  harus  dikuasai  peserta  didik,  namun  lebih  penting  adalah 

membekali  peserta  didik  kompetensi,  ketertampilan  hidup  (life  skill)  dan  cara 

berpikir-bersikap untuk mengantisipasi dan menyikapi situasi yang selalu berubah 

itu.   Kurikulum  merdeka  akan  memandu  memberikan  pilihan-pilihan  untuk

membentuk  karakter,  menumbuhkan  keberanian  berpikir  kritis,    kreatif dan

inovatif harus terus dikembangkan. Di samping itu, nilai-nilai agama sebagai  ruh

madrasah  mesti  ditanamkan  secara  terintegrasi  sejalan  dengan  implementasi

kurikulum itu sendiri. Sehingga nilai religiusitas mewarnai cara berpikir, bersikap

dan  bertindak  para  warga  madrasah  dalam  menjalankan  praksis dan  kebijakan

pendidikan.


Guru  sebagai  garda  terdepan  dalam  mengimplementasikan  kurikulum  tidak 

boleh  terjebak  menjadikan  peserta  didik  sebagai  penampung  ilmu  pengetahuan 

belaka.   Guru   mesti   fokus   kepada   pembentukan   karakter   peserta   didik,

membekali  kompetensi  abad-21  dan  keterampilan  hidup  dengan  cara  yang  lebih 

kreatif sesuai kebutuhan peserta didik di eranya.



DOWNLOAD FILE DISINI

 


Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak

Previous Post Next Post